Selasa, 08 Maret 2016

21 Manfaat jengkol untuk menyehatkan tubuh

21 Manfaat jengkol untuk menyehatkan tubuh - Pithecollobium Jiringa atau Pithecollobium Labatum, merupakan nama latin dari jengkol. Jengkol terkenal dengan aromanya yang sangat khas. Banyak orang yang tak suka karena tidak tahan dengan baunya. Namun ternyata tidak sedikit orang juga yang sangat menikmati jengkol. Jengkol biasanya diolah menjadi semur, atau sambel jengkol. Menurut para pecinta jengkol, rasanya sangat nikmat. Tapi tahukah Anda, dibalik aroma khasnya, jengkol menyimpan manfaat bagi tubuh kita. Apa saja manfaat jengkol ?

Baca selengkapnya : 21 Manfaat jengkol untuk menyehatkan tubuh

Khasiat jengkol didapatkan tubuh manusia disebabkan jengkol memiliki nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Dalam buah jengkol terdapat kandungan vitamin dan mineral. Vitamin yang terdapat dalam buah jengkol antara lain adalah vitamin A, vitamin B6, vitamin B1, vitamin B2,vitamin B12 dan vitamin C.

Tidak hanya itu di dalam jengkol terdapat senyawa kimia yang alami yang memberikan khasiat buat kesehatan tubuh saat di makan secara teratur .

Selain nutrisi penting yang diperlukan tubuh diatas, jengkol juga mempunyai beberapa nutrisi yang penting juga untuk kesehatan tubuh, antara lain zat besi, kalsium dan fosfor.

Mencegah anemia

Buah jengkol memiliki kandungan zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita karena bila tubuh kita kekurangan produksi serta pembentukan sel darah merah akan mengakibatkan kita mudah terserang anemia dan salah satu khasiat buah jengkol adalah mencegah anemia. Agar Anda tidak kekurangan darah dan mengalami anemia saat sedang datang bulan, makanlah buah jengkol sebagai buah pencegah anemia untuk mengatasinya.

Mencegah osteoporosis

Manfaat buah jengkol bagi kesehatan diantaranya adalah membantu mencegah osteoporosis karena kandungan kalsium serta fosfor yang terdapat di dalamnya. Tidak hanya itu saja, buah jengkol juga bisa memperkuat gigi serta tulang Anda sehingga tidak mudah keropos apalagi jika waktunya belum tiba.